Monday, March 26, 2012

Pelaksanaan Ujian Praktik TIK

Tuntutan sistem pendidikan berbasis kompetensi pada masa sekarang adalah langkah  kebijakan untuk lebih memajukan pendidikan peserta didik khususnya, begitu pula dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi yang mana merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang berkembang dengan pesat. Maka dari itu untuk menggali dan meningkatkan potensi yang ada diperlukan adanya evaluasi atau penilaian. Penilaian dapat dilaksanakan dengan tiga cara yaitu tertulis, lisan dan praktek. Penilaian tertulis dan lisan merupakan penilaian yang menitik beratkan pada penilaian kognitif. Sedangkan penilaian praktik lebih menitikberatkan pada aspek psikomotorik dan efektif.

Penyelenggaraan ujian praktik TIK di SMP Negeri 3 Pulokulon merupakan serangkaian pelaksanaan ujian sekolah. Acuan yang digunakan dalam menyusun tes ujian akhir sekolah adalah kurikulum tingkat satuan pendidikan beserta suplemennya dan standar kompetensi kelulusan. Dari uraian di atas maka ujian praktik mata pelajaran teknologi informasi dan   komunikasi yang menitikberatkan pada pencapaian kompetensi siswa perlu diadakan. Harapannya siswa tidak hanya menguasai konsep dan teori tetapi juga mampu mengembangkan dan menerapkan pengetahuan yang diperoleh dalam segala aspek kehidupan. 

Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah sebagai berikut :
  • Memasyarakatkan Teknologi Informasi dan komunikasi sebagai mata pelajaran yang sangat inti dan integral dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menggali minat dan bakat dan potensi siswa SMP Negeri 3 Pulokulon dibidang ilmu teknologi informasi dan komunikasi 
  • Mengukur pencapaian hasil belajar siswa. 
  • Melatih siswa dalam mengaplikasikan teori dalam bentuk praktek. 
  • Siswa dapat mencari dan berbagi informasi di Internet 
Sedangkan manfaat dari kegiatan ini adalah : 
  • Dapat meningkatkan minat, kemampuan dan antusias siswa-siswi SMP Negeri 3 Pulokulon terhadap ilmu teknologi informasi dan komunikasi. 
  • Memberi bekal keterampilan komputer pada siswa Pada era pendidikan yang semakin mengarah pada ilmu praktis, maka salah  satu yang dapat disumbangkan  mata pelajaan  Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)  adalah dengan melaksanakan ujian praktik Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk menambah pengalaman belajar siswa.  
     
Satu kendala yang pasti dalam pelaksanaan Ujian Praktik TIK di SMP Negeri 3 Pulokulon, yaitu keterbatasan sarana dan prasarana yang memadai utamanya adalah perangkat komputer yang sangat terbatas jumlahnya. Sehingga Siswa harus antri berjubel menunggu giliran ( 1 komputer diantri lebih dari 15 siswa)...Tapi salut, anak-anak tetap semangat dan antusias!!!

1 comment:

  1. semangat dan ketekunan adalah modal utama untuk membuat seseorang menjadi successful and great...... HORASSS....maju terusssss.

    ReplyDelete

Twitter Bird Gadget